Kisah Kasih si Tempe

Tempe !! Adalah makanan yang sangat sederhana tapi mengandung gizi yang sangat tinggi terutama anti oksidan karena terbuat dari kacang kedelai. Sedari kecil aku tidak pernah menyukai tempe bahkan bisa dibilang benci, dan memang dikeluargaku semuanya tidak ada yang mengidolakan mahluk bernama “tempe” jelmaan dari kedelai tersebut. Tapi kini berubah seratus delapan puluh derajat, dari yang sebelumnya tidak suka menjadi ketagihan, persis kayak orang yang sedang menjalin hubungan, dari benciii menjadi rinduuu.. he..he.. πŸ˜€

Awal pertama aku mencintai tempe ketika aku hijrah ke jogja (pertama kali dalam hidupku meninggalkan kota palembang dan jauh dari orangtuaku) tuk menimba ilmu. Pertama-tama sih biasa aja, diajak mbak2 kost hampir setiap hari beli gorengan, diantara banyak pilihan gorengan aku lebih memilih namanya bakwan, tape goreng dan pisang goreng. Tapi lama2 penasaran juga pengen nyoba, kayaknya asyik banget liat yang lain ngemil tempe pake cabe rawit, dan ternyata enak juga πŸ˜‰ dan emang tempe aseli bikinan jawa kualitasnya lebih oke juga kali yaa πŸ™‚

Sejak itulah aku mulai menyukai tempe dan selalu menyisipkan satu tempe goreng atau mendoan disetiap nasiku setiap beli maem. Apalagi kalau ga ada duit wah lauk tempe bisa jadi alternatif secara kitakan anak kost2an biasa kalau akhir2 bulan keuangan mulai menipis. Perasaan orangtua ngirimnya dah cukup, tapi ya namanya cewek biasalah keluar dari jalur ya beli kosmetiklah, kepengen beli bajulah, nyalon lah he..he

Kalau dulu masih dibilang suka aja ma tempe , kalau sekarang bisa dibilang cinta or ketagiihan !! Kok gitu ?? Ya karena aku sekarang menikah sama suami yang maniak tempe. Tidak heran karena memang suamiku dari jawa tepatnya wonosari yang memang menghasilkan tempe2 berkualitas πŸ™‚ Setiap hari menunya pasti harus ada tempe, gak perduli mo diapain yang penting tempe!! Oh God untunglah, secara kan aku gak bisa masak, kalau cuma tempe kan gampang πŸ™‚

Aku kira awalnya masak tempekan gampang, tinggal direndam diair yang dikasih garam abis udah deh digoreng, tapi ternyata ketika dulu aku punya pembantu yang emang pintar masak tempe (selidik2 ternyata keturunan jawa cuma tinggal di sumatra) suamiku tuh kalau makan keliatannya gimanaaaa gitu, kayaknya enak banget. Beda banget ekspresinya ketika makan buatanku..Panas nih hati (ga cemburu ma yang kerja tapi ma tempenya), emang aku akui tempe gorengannya lebih enak dibanding buatanku. Kok suamiku ga komplain or protes ma aku selama ini..ya namanya juga ikatan suami ga mau nyakitin perasaan istri he..he

Sejak itulah, aku berusaha belajar bagaimana membuat tempe yang enak, dari beli buku (segitunya yaah), searching di internet, liat2 mertua, semua kucoba supaya suami betah makan dirumah he..he.. Akhirnya bisa juga aku memasak menu tempe yang lumayan walaupun tidak seenak yang dijual diwarung nasi dijogja he..he… Sekarang setelah sekian lama trial and error 😐 akhirnya aku dah bisa membuat berbagai masakan variasi dari mulai Tempe Goreng biasa, Tempe Mendoan, Tempe Bacem, Tempe Kering Basah, Tempe Balado Kering, Oseng2 Buncis Tempe, Oseng2 Labu Tempe, Oseng2 Pare Tempe, Sambel Tempe dll.

Ini kuposting sebagian photo masakan tempeku πŸ™‚

~ Tempe goreng telanjang ~

~ Tempe goreng mendoan ~

~ Oseng tempe labu ~

~ Kering tempe basah ~

~ Oseng tempe buncis ~

Selamat mencicipi πŸ™‚

Iklan

36 Responses to “Kisah Kasih si Tempe”


  1. 1 Catra Juni 26, 2008 pukul 6:35 am

    wah jadi laper nih mbak, tapi bukan karena saya suka tempe, dari dulu saya sangat benci sama tempe, saya lebih suka makan tahu daripada tempe, padahal bahannya sama aja ya mbak. hehehe

  2. 2 itikkecil Juni 26, 2008 pukul 9:56 am

    saya lebih suka tahu daripada tempe

  3. 3 hmcahyo Juni 26, 2008 pukul 11:07 am

    medoan ya? wah jadi ingat Jogja…

    I love Jogja

    But Malang is everything πŸ™‚

  4. 4 takochan Juni 26, 2008 pukul 11:52 am

    eh, gak sekalian diposting resepnya nih mbak? biar saya bisa belajar juga’, hehehehe :mrgreen:

  5. 5 helidda Juni 26, 2008 pukul 12:42 pm

    @ catra, he he iya bahannya sama aja sih, tahu juga enak palagi klu dibuat tahu isi πŸ™‚

    @ itikkecil, ayuk tau pasti adek suko makan pempek tahu yoo, makonyo suko tahu πŸ™‚

    @hmcahyo, I love jogja too

    @takochan, boleh juga tuh, ntar yaah

  6. 6 zoel chaniago Juni 26, 2008 pukul 1:51 pm

    hmm kaya judul lagu yach,,,, kisah kasih si tempe, tiada kisah paling indah,, kisah tempe bla bla……… πŸ˜†

  7. 7 helidda Juni 26, 2008 pukul 2:20 pm

    @ zoel, he..he..he bisa aja

  8. 8 helidda Juni 26, 2008 pukul 2:26 pm

    @ itik kecil, ira sorry salah koment , kirain si bibikpici, soalnya sama2 orang palembang gituuh πŸ™‚

  9. 9 ubadbmarko Juni 27, 2008 pukul 2:57 pm

    Tempo memang perlu, eh..,Tempe memang perlu, asal jangan bermental Tempe, pagi kedele sore jadi Tempe alias mancla-mencle. he..he.., salam aja ya mih. aku liatin dari bawah ah.

  10. 10 lindawatirahaju Juni 27, 2008 pukul 3:24 pm

    kangen tempe!
    di taiwan tempe mahal sekal. hiks hiks…

    salam kenal ya mbak…

  11. 11 Empi MUSLION JB'lOç Juni 27, 2008 pukul 11:35 pm

    Waahhh Tempe
    dah hampir setahun Uda nggak makan tempe, ngileerrrr…. πŸ˜€

    Ida, udah nyampe Kaka Puty di Padang ?
    Kalo dah nyampe kasih kabar yaa ? lewat blog Uda aja.
    Tolong dijaga mainnya si Kaka yaa ? jangan sampai main diluar rumah terlalu lama, main sama Dek Tatha aja dirumah dan ngabisin tempe Mak Wo nya.

    Itu ada pengumuman rekrutmen CPNS Depkeu di Blog Uda
    Mungkin Ida, Rudi atau saudara kita dan Ardi atau kawan Ida lainnya masih berminat untuk ikut.

    Uda
    Lyon

  12. 12 Empi MUSLION JB'lOç Juni 28, 2008 pukul 12:42 pm

    Syukur Alhamdulillah Kaka udah nyampe dirumah Mak Wo
    jangan nakal yaa ?
    Waaahhh hebat kaka punya angka 9 dan 8 serta nggak ada angka 6 nya. BAGUS BAGUS…. hebat.
    Di Padang musim durian ? mmhhhh pasti heboh tuh baunya dijalanan
    Di Perancis tidak ada durian, yang ada sekarang musim panas
    disini panasnya terik sekali.. jam 21.30 malam matahari masih ada.

    Yalah… selamat main dan berliburan aja ama Dek Thatha…

  13. 13 helidda Juni 29, 2008 pukul 11:00 am

    @ubadmarko,salam juga deh, aku liatin dr atas πŸ™‚

    @lindawatirahaju, salam kenal juga ya, wah mahal ya tempe disana,dipadang juga lumayan tp ga semahal disitu kali ya πŸ™‚
    salam buat to ming she πŸ™‚

  14. 14 helidda Juni 29, 2008 pukul 11:02 am

    @uda empi, aman da siputi ga nakal kok, teman maennya dek tatha dirumah,and teman2nya kak puti dah tambah banyak aja sekarang πŸ™‚

  15. 15 imoe Juni 29, 2008 pukul 6:29 pm

    hallo mbak…saya juga suka tempe, apalagi di goreng tipis di kasih tepung hahahah enak baget….

  16. 16 max Juni 30, 2008 pukul 5:49 pm

    tempe goreng telanjang…. serem banget bunyinya Mbak πŸ˜€

  17. 17 Empi MUSLION JB'lOç Juli 2, 2008 pukul 3:47 pm

    Allo Ida

    Gimana kabar Kaka dan dek Thata di Padang
    Semoga sehat dan baik baik saja yaa ??

  18. 18 Said Abdillah Juli 2, 2008 pukul 4:35 pm

    Kalo aku mah kurang suka tempe kecuali tempe yang digoreng kering sekali, eh ketemu istri yang sama dengan saya yaitu kurang suka tempe

  19. 19 helidda Juli 4, 2008 pukul 9:43 am

    @imoe, keripik tempe ya, wah kalau itu anakku paling doyan, kruk..kruk bunyinya, dia suka banget πŸ™‚

    @max, idenya dari si suami πŸ™‚

    @ Da Empi, sehat2 semua da, kak puti dah banyak teman disini, lama ga kasih kabar, soalnya Arddi dah seminggu dinas ke jakarta , baru pulang semalam, jadi ga bisa ngeblog kan laptopnya dibawa πŸ™‚

    @ Said Abdillah, tapi saya sekarang udah suka loh mas πŸ™‚

  20. 20 putirenobaiak Juli 4, 2008 pukul 12:55 pm

    aku jadi suka tempe pas nyoba tempe bukittinggi di jual khsuus di pasar lubuk buaya loh. dulu sih ya, kualitasnya bagus bgt, anakku malah suka makan mentah hehe…sampai hari ini gak nemu yg sebagus itu di aceh maupun medan.

  21. 21 helidda Juli 4, 2008 pukul 2:16 pm

    he..he boleh juga tuh nih mampir, kalau ke bukit tinggi. waduh apa rasanya ya ni kalau dimakan mentah πŸ™‚

  22. 22 Empi MUSLION JB'lOç Juli 6, 2008 pukul 1:53 pm

    Apa kabar Indarung hari ini ?
    Semoga semua sehat dan bai baik saja yaa ?

    Kemaren satu Minggu Ardi ke Jakarta, ama siapa Dek Thata di rumah, cuma bertiga ? waaahh hebat… Dek Thata kayak Kak Puty juga yaa sering ditinggal tinggal Papanya juga… penyakit keturunan tuh, karena Ida dan ngah Nininya juga gitu dulu kaan ? hehehee…..

    Hebat Kaka bikin puisi, puisinya bagus
    Terima kasih yaa ??
    pasti dijarin ama Mak Wo yaa ?
    Jangan lupa makan kalau asyik bermain.

    Bon Week end

  23. 23 ManusiaSuper Juli 7, 2008 pukul 9:17 am

    ~ Tempe goreng telanjang ~
    Saya kira yang menggoreng tempenya yang telanjang…

    *digebug*

  24. 24 presty larasati Juli 8, 2008 pukul 9:08 pm

    aaaahhh!!!!

    i love tempeee!!!!!

  25. 25 presty larasati Juli 8, 2008 pukul 9:09 pm

    saya mau semuanyaaaaaa!!!!
    :mrgreen:
    *rakus πŸ˜† *

  26. 26 helidda Juli 9, 2008 pukul 1:16 am

    @ uda empi,
    kaba indaruang rancak2 sae da πŸ™‚

    @ mansup,
    *gebug mansup pake penggorengan* 😈 πŸ˜†

    @ presty larasati,
    wah sesama tempe lovers…
    bisa berbagi resep tempe nih mbak? πŸ™‚

  27. 27 milassalmi Juli 9, 2008 pukul 11:59 am

    Omong-omong Tempe Malang gudangnya! ada sambal goreng Tempe pakai kuah, sambal goreng tempe kering, kripik Tempe pedas, kripik tempe daun jeruk purut, ada bacem tempe dan bacem tahu…..kirim alamat rumah…nanti Insyaallah tak kirimi….ha…ha…ha…pingin ya!…cepat kirim alamat…ato tulis di bloku aja

  28. 28 milassalmi Juli 9, 2008 pukul 12:04 pm

    Apalagi tempe dibuat MENDOL terus digoreng kering dimakan hangat-hangat dimakan sebagai teman Rawon….woooooooowww asyik MENDOL tidak sama dengan MNDOAN, apalagi di bothok sama petai cina, daun kemangi, kelapa muda….waaaaaooooooowww asyik…pingin resepnya…..

  29. 29 helidda Juli 9, 2008 pukul 12:17 pm

    @milassalmi, wah ternyata pintar mask juga si bapak, mau dong resepnya πŸ™‚

  30. 30 JalanSutera.comβ„’ Juli 9, 2008 pukul 2:02 pm

    favoritku adalah tempe mendoan. yang asli purwokerto lebih enak lagi. coba deh. kripik tempe juga enak kok.

  31. 31 BanNyu Juli 10, 2008 pukul 7:19 am

    Pesen 1 Bu’ !! Oseng tempe Buncis ! Saya belum pernah mencicipinya …

    Salam buat JOgja ya bu …

  32. 32 tambal BAN Juli 10, 2008 pukul 8:59 pm

    LAPOR BU….LAPAR NIH hehe

  33. 33 yanto Juli 10, 2008 pukul 10:10 pm

    waaahhhh gw mau donggg gorengan tempe talnjangnya ???? he,,he,,he,,he,, πŸ™‚

  34. 34 helidda Juli 10, 2008 pukul 10:20 pm

    @jalansutera, wah mau toh , boleh pesan gak πŸ™‚

    @BanYu, salam apa nih mas πŸ™‚

    @tambal Ban , pesan apa pak he..he

  35. 35 haha November 15, 2008 pukul 6:04 am

    kalau tempeknya pasti enak

  36. 36 lala Desember 16, 2008 pukul 4:48 am

    Wah, di tempatku tempe termasuk barang langka dan mahal. Harganya sama kaya daging. Coba bikin tempe sendiri gagal terus:( Bersyukur sekali bisa nikmatin tempe tiap hari πŸ™‚

    Oops lupa, salam kenal mbak πŸ˜€


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Tentang


Helidda, mamanya si Diantha yang mencoba berbagi cerita di ranah blogosphere setelah positif tertular virus blog dari suami.
Kelahiran Palembang namun terdampar di Padang sejak 2006 setelah sebelumnya mengelana di Jogja sejak lulus dari SMA.
...and here I am, just try to
Blog my life
...

Mood Hari Ini

My Unkymood Punkymood (Unkymoods)

Status YM

Telah Berkunjung

  • 4,254 tamu

Sedang Bertamu

website stats pengunjung

Afiliasi

RSS Info Kesehatan

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

%d blogger menyukai ini: